Pengertian, Jenis, dan Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Lunak

Pengertian, Jenis, dan Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Lunak
Kerajinan Bahan Lunak

TugasKu16 - Berbagai macam kerajinan ada di dunia ini, salah satu negara pembuat kerajinan adalah Indonesia, dimana ada berbagai macam jenis kerajinan yang dibuat menggunakan berbagai macam bahan. Di tangan orang yang kreatif, kekayaan alam indonesia yang melimpah bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan. dengan bentuk yang bervariasi, kreatif dan juga inovatif. Dalam artikel ini saya akan memaparkan tentang pengertian, jenis, dan teknik pembuatan dari kerajinan bahan lunak.

Pengertian Kerajinan Bahan Lunak


Kerjinan Bahan Lunak adalah kerajinan yang bahan dasar utamanya bersifat lunak, dimana bahan lunak dibagi menjadi dua yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Berbagai Jenis Bahan Lunak


sebelumnya sudah dipaparkan pengertian dari bahan lunak, yaitu dimana kerjinan bahan lunak dibagi menjadi dua yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan, dan dibawah ini penjelasan lebih lengkapnya :

a. Bahan Lunak Alami
Bahan lunak alami merupakan bahan yang didapatkan dari alam dan tidak dicampur dengan bahan buatan. Contoh dari bahan lunak alami adalah :

1. Tanah Liat
Tanah liat merupakan bahan dasar untuk membuat sebuah keramik, ada berbagai jenis dari keramik yaitu : gerabah, vas bunga, guci, cobek dan berbagai peralatan makan.

2. Serat Alam
Serat Alam yang dimaksud adalah serat yang berasal dari sel atau jaringan yang serupa dengan benang atau pita panjang yang asalnya dari binatang atau tumbuhan. Contoh dari bahan serat alam : ulat (kepompong), batang pisang, daun nanas, daun pandan, da kulit kayu.

3. Kulit
Bahan kulit ini dapat berasal dari kulit binatang contohnya seperti kulit sapi, kambing, kerbau, ular, buaya dan lainnya.

b. Bahan Lunak Buatan
Bahan lunak buatan adalah bahan yang dibuat dengan cara diolah terlebih dahulu hingga menjadi bahan lunak. Contoh bahan lunak buatan yaitu : lilin, gips, sabun, bubur kertas, fiberglass, dan spons.

1. Lilin
Pembuatan kerajinan lilin dibuat dengan cara mengukir lilin tersebut serta membentuk atau mencetak lilin yang sudah dilelehkan.

2. Sabun
Sama dengan pembuatan lilin, sabun juga diukir, dibentuk dan juga dicetak.

3. Bubur Kertas
dengan memanfaatkan Kertas yang tidak terpakai, kertas bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan,

4. Gips
Gips sebenarnya adalah bahan bangunan dan pembalut anggota tubuh yang mengalami patah tulang, namun gips juga dapat dijadikan kerajinan dengan cara mencairkannya terlebih dahulu kemudian mencetaknya.


Berbagai Teknik Pembuatan Kerajinan dari Bahan Lunak


Ada beberapa teknik untuk membuat kerajinan menggunakan bahan lunak, setiap teknik yang digunakan harus sesuai dengan bahan yang digunakan.

1. Membentuk
Teknik ini biasanya digunakan untuk bahan lunak alami dari tanah liat. Membentuk dapat dilakukan secara manual atau dapat menggunakan alat berupa meja putar.

2. Mengukir
Mengukir artinya menggores, memahat atau menoreh permukaan bahan yang akan diukir menggunakan alat ukir.

3. Mengayam
Teknik menganyam dapat diterapkan pada bahan lunak yang berbahan serat alam, contohnya mengayang serat batang pohon pisang, atau eceng gondok untuk membuat tas, topi atau pun dompet.

4. Menenun
Teknik menenun hampis sama dengan teknik mengayam dimana perbedaannya hanya adanya alat yang digunakan untuk menenun ini. Alat yang digunakan namanya lungsin atau pakan.


Sekian dulu Pengertian, Jenis, dan Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Lunak dari saya. Terima kasih karna telah berkunjung ke Blog Saya Saya sangat Berterima Kasih jika Anda Meninggalkan Komentar :) Terima Kasih yg sudah berkunjung di Blog Saya, jangan lupa Comment And Share ! :D
1 Komentar untuk "Pengertian, Jenis, dan Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Lunak"

Kalo patung lilin misal nya, , ,itu termasuk kerajinan lunak apa bukan. . .
Kan kalo dah jadi patung dah padat tuch

Sebelum Berkomentar
[ - ] Berkomentar Sesuai Artikel
[ - ] Dilarang SPAM
[ - ] Berkomentar dengan Sopan
[ - ] Dilarang Memasang Link aktif

Back To Top
TOP