3 Contoh Percobaan Fisika Tentang Gelombang Bunyi

Didik16.com - Dalam pelajaran Fisika ada sebuah materi tentang Gelombang Bunyi atau gelombang suara. gelombang bunyi merupakan gelombang longitudinal yang dapat terjadi karena adanya rapatan dan renggangan di antara medium baik gas, cair, maupun padat. 

Gelombang bunyi dihasilkan melalui benda yang bergetar sehingga menyebabkan gangguan kerapatan pada medium benda tersebut. Gangguan kerapatan ini berlangsung melalui interaksi molekul- molekul medium sepanjang arah perambatan gelombang. Namun, tidak semua getaran yang dihasilkan benda menghasilkan bunyi.

Bunyi juga memiliki frekuensi, dimana frekuensi dari bunyi dibedakan menjadi tiga jenis yaitu infrasonik, ultrasonik, dan audiosonik. Sedangkan untuk sumber bunyi, juga dibedakan menjadi 3 yaitu Dawai, Pipa Organa terbuka dan Pipa Organa tertutup.

kembali lagi membahas sesuai dengan judul artikel ini, setelah anda mengetahui pengertian, frekuensi, dan sumber bunyi, pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang 3 contoh percobaan fisika tentang gelombang bunyi yang akan saya jelaskan secara rinci mulai dari alat dan bahan yang diperlukan, dan cara kerja,

pada artikel ini, berisikan 3 percobaan diantaranya :


  1. Gelombang Bunyi Pada Gelas Yang Berisi Air
  2. Gelombang Bunyi Pada Sonar Saat Memantulan Bunyi.
  3. Gelombang Bunyi Pada Gelas Dengan Volume Yang Berbeda.


Selain itu saya juga lengkapi dengan video serta makalah agar anda dapat mengerti secara penuh dari hasil percobaan tersebut. melalui link deskripsi yang ada pada akhir artikel :

Contoh Percobaan Fisika Tentang Gelombang Bunyi



1. Gelombang Bunyi Pada Gelas Yang Berisi Air.



3 Contoh Percobaan Fisika Tentang Gelombang Bunyi
Percobaan Pada Gelas Berisi Air


Bahan-Bahan
  • Air Putih
Alat-Alat
  • 1 Gelas Kaca


Langkah Kerja

  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Tuang air pada gelas sampai volumenya 1/4 gelas.
  3. Celupkan jari telunjuk dan jari tengah pada air didalam gelas.
  4. Pegang kaki gelas agar tidak goyang atau jatuh saat melakukan praktikum.
  5. Usapkan bibir gelas dengan kedua jari yang telah dicelupkan ke air didalam gelas tadi.
  6. Amati bunyi yang terjadi.
  7. Tuang air pada gelas kembali sehingga volumenya menjadi ½  gelas.
  8. Ulangi langkah 2, 3, 4, dan 5.
  9. Tuang kembali air sehingga volume menjadi ¾ gelas.
  10. Ulangi kembali langkah 2, 3, 4, dan 5.


Cara Kerja :

Gelombang bunyi dihasilkan oleh benda bergetar sehingga menyebabkan gangguan kerapatan pada medium. dimana ketika tangan digosokan pada bibir gelas terjadi gerakan tempel lepas molekul, jari kita menarik molekul gas scara trus menerus shingga molekul ini akan lepas. dan jari akan menarik molekul lainnya juga, ketika molekul lepas,maka akan menari molekul lainnya. molekul yg terlepas ini yg akan menghasilkan frekuensi bunyi.


2. Gelombang Bunyi Pada Sonar Saat Memantulan Bunyi.



3 Contoh Percobaan Fisika Tentang Gelombang Bunyi
Sonar


Pengertian Sonar.

Sonar (Sound Navigation and Ranging) adalah suatu metode yang memanfaatkan perambatan suara di dalam air untuk mengetahui keberadaan objek yang berada dibawah permukaan air. Secara garis besar cara kerja dari sonar adalah mengeluarkan sumber bunyi yang akan merambat di dalam air, bunyi ini akan dipantulkan oleh objek di dalam air dan diterima kembali oleh sistem sonar tersebut, berdasarkan perhitungan kecapatan rambat suara di dalam air maka letak objek di dalam air dapat diketahui jaraknya dari sumber suara. Pada sonar yang lebih canggih tidak hanya keberadaan objek, bentuk fisik atau bahan pembentuk objek dapat diketahui. Dimana sonar ini dapat digunakan untuk mendeteksi kapal selam, ranjau, kedalaman air, penangkapan ikan secara komersil serta keselamatan dan komunikasi dibawah laut.


Bagian-Bagian Sonar.

Sebelum memahami cara kerja Sonar, terlebih dahulu kita harus mengetahui bagian-bagian dari Sonar. Bagian-bagian sonar adalah sebagai berikut:

1. Echo sounder
2. Hidrofon
3. Display


Langkah Kerja.


  1. Pertama, echo sounder mengemisikan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Gelombang suara ini akan merambat dalam air. Jika mengenai obyek seperti ikan, metal, dasar laut atau benda-benda yang lain, maka gelombang suara tadi akan terpantul. Sinyal pantulan akan diterima oleh hidrofon dan ditampilkan oleh display yang menggambarkan karakteristik obyek di bawah air.
  2. Untuk mengetahui lokasi (jarak) dari obyek di bawah air, maka waktu yang dibutuhkan gelombang suara tersebut dapat digunakan untuk mencari jarak panjang gelombang yang ditempuh gelombang suara tersebut. Sedangkan jarak (posisi) aktual  dari obyek tersebut diperoleh dengan membagi dua panjang gelombang yang ditempuh.


Cara Kerja Sonar :

Pertama, echo sounder mengemisikan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Gelombang suara ini akan merambat dalam air. Jika mengenai obyek seperti ikan, metal, dasar laut atau benda-benda yang lain, maka gelombang suara tadi akan terpantul. Sinyal pantulan akan diterima oleh hidrofon dan ditampilkan oleh display yang menggambarkan karakteristik obyek di bawah air.
Untuk mengetahui lokasi (jarak) dari obyek di bawah air, maka waktu yang dibutuhkan gelombang suara tersebut dapat digunakan untuk mencari jarak panjang gelombang yang ditempuh gelombang suara tersebut. Sedangkan jarak (posisi) aktual  dari obyek tersebut diperoleh dengan membagi dua panjang gelombang yang ditempuh.


3. Gelombang Bunyi Pada Gelas Dengan Volume Yang Berbeda.



3 Contoh Percobaan Fisika Tentang Gelombang Bunyi
Percobaan Pada Gelas Dengan Volume Air berbeda


Bahan-Bahan
  • Air Putih


Alat-Alat
  • 2 Gelas Kaca
  • Tongkat pemukul


Langkah Kerja


  1. Isilah masing-masing gelas dengan jumlah air yang berbeda satu sama lain.
  2. Atur posisi seluruh gelas yang sudah berisi air secara sejajar untuk memudahkan kita mengetuknya. Untuk lebih jelasnya,  perhatikan gambar dibawah ini.
  3. Susunan diatur  dengan mengisi gelas pertama dengan sedikit air, gelas kedua lebih banyak.
  4. Selanjutnya kita dapat mengetuk pinggiran gelas dengan tongkat pemukul kecil dengan urutan dari gelas yang berisi paling sedikit air hingga yang terbanyak, sambil diamati perbedaan suara yang terdengar. Perhatikan gambar dibawah ini.


Cara Kerja :

Masing-masing dari gelas akan memiliki nada yang berbeda ketika diketuk dengan pensil. Gelas yang berisi air paling banyak akan memiliki nada terendah sedangkan gelas dengan air yang lebih sedikit akan memiliki nada yang lebih tinggi. Getaran kecil yang dibuat ketika kita memukul gelas menciptakan gelombang suara yang merambat melalui air. Air yang lebih banyak akan menyebabkan getaran merambat dengan lebih lambat sehingga menghasilkan suara dengan nada lebih rendah.
Dengan mengatur jumlah air di dalam gelas tersebut, maka kita dapat mengatur nada sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah mengatuiu penjelasannya secara rinci, mulai dari pengertian, alat dan bahan, langkah kerja, dan cara kerjanya, saya juga melengkapinya dengan video dari 3 contoh diatas agar anda semakin paham tentang hasil percobaan tersebut, yang bisa anda di :




Nah sekian dulu update tugas harian untuk hari ini, saya harap artikel ini membantu anda yang sedang mengerjakan tugas ataupun projet dengan materi gelombang buny/suara dari guru anda, baca artikel lainnya juga pada blog ini.
Tag : Fisika, Tugas
0 Komentar untuk "3 Contoh Percobaan Fisika Tentang Gelombang Bunyi"

Sebelum Berkomentar
[ - ] Berkomentar Sesuai Artikel
[ - ] Dilarang SPAM
[ - ] Berkomentar dengan Sopan
[ - ] Dilarang Memasang Link aktif

Back To Top
TOP